Tips for Study in Aussie From Kemenlu

Sistem pendidikan Australia mempunyai reputasi internasional yang kuat, dan terkenal atas strukturnya yang efektif dan perkembangan kebijakan yang inovatif sehingga menjadi acuan bagi.banyak negara lain untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikannya.
Universitas-universitas Australia telah dikenal atas kualitas pengajaran dan penelitiannya, mahasiswa akan belajar dari para pengajar yang merupakan pakar dalam industrinya, dan dapat memberi pemahaman yang mendalam tentang bidang studi yang dipilih. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan akademik yang kuat yang dapat diterapkan ke bidang-bidang lain, dan belajar untuk berpikir kreatif dan mandiri.
Australia memberikan kebebasan untuk memilih jalur yang sesuai dengan keinginan mahasiwa.  Seluruh program studi yang ditawarkan akan memberikan pengalaman pendidikan yang unik. Selama belajar di Australia mahasiswa akan didorong untuk memiliki pemikiran yang inovatif, kreatif, dan mandiri. Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja sebagai bagian dari tim, untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dan untuk mengembangkan ketrampilan praktis serta kemampuan intelektual yang perlukan agar sukses di tingkat global.
Beberapa manfaat belajar di Australia adalah:
• Memungkinkan untuk Belajar sambil Bekerja

Dalam hal inovasi dan kualitas, metode Australia untuk pendidikan kejuruan dan pelatihan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Mahasiswa akan mendapat peluang untuk keluar dari ruang kelas dan mempraktekkan ketrampilan yang dimiliki di tempat kerja nyata maupun simulasi. Ini akan memberi Anda keunggulan nyata dibanding lulusan lain dan memberikan kesempatan untuk belajar sambil bekerja.
• Lingkungan belajar yang baik dan kondusif

Mahasiswa di Australia akan belajar dalam sebuah kerangka kerja kurikulum nasional yang menjamin standar akademik yang tinggi dalam delapan bidang studi utama, termasuk bahasa Inggris, matematika, sains dan seni. Para pengajar berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan, keterampilan, pengetahuan, intelektual dan kepribadian.
• Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris di Australia akan memberikan peluang untuk menggunakan dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Lembaga pendidikan bahasa Inggris di Australia memiliki fasilitas video, perpustakaan, dan pendidikan dengan bantuan komputer untuk membantu Anda menjadi pembicara bahasa Inggris yang fasih dalam waktu singkat. Anda bahkan dapat menemukan program yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.
Tempat Tinggal / Akomodasi
Mendapatkan akomodasi yang tepat merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi mahasiswa  baru, dan menemukan tempat yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki akan lebih sulit lagi.
Terdapat kekurangan hunian yang terjangkau di seluruh Australia, dan hal ini berdampak bagi siapapun, mahasiswa internasional maupun penduduk Australia sendiri, oleh karena itu sangatlah penting  untuk mempersiapkan dan memperhitungkan biaya hunian yang tinggi  sebelum datang ke Australia, dan harus mempunyai dana yang cukup untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan biaya sewa.
Ada baiknya untuk mengatur akomodasi sementara sebelum datang ke Australia. Ini memberikan waktu untuk mengenal lokasi sekitar kampus  dan mencari tempat permanen untuk tinggal.  Beberapa alternatif pilihan untuk tempat tinggal adalah:
• Homestay

Homestay adalah cara yang sangat baik bagi para siswa internasional  untuk mengalami langsung kehidupan Australia, dan memanfaatkan keamanan dan pengawasan dari orang setempat. Makanan biasanya termasuk dalam biayanya, tapi terkadang juga tersedia homestay dengan makanan yang diatur sendiri.
Lembaga pendidikan memiliki daftar keluarga yang dapat menerima siswa internasional selama tahun akademik. Lembaga pendidikan juga memeriksa apakah keluarga ini bereputasi baik dan menawarkan akomodasi dengan standar yang memadai.
• Penginapan Hostel dan Guest House

Hostel biasanya dikelola oleh organisasi seperti Youth Hostels Australia dan Young Men’s Christian Association (YMCA). Siswa akan berbagi fasilitas dapur dan kamar mandi.
• Akomodasi bersama / Akomodasi sewa

Akomodasi bersama di luar kampus sangat populer di kalangan siswa internasional. Anda dapat melihat iklannya di papan-papan pengumuman kampus dan di surat kabar setempat. Umumnya Anda harus menyediakan perabot sendiri.
Saat menyewa rumah, apartemen atau kamar, pemilik biasanya meminta pembayaran sewa di muka, dan meminta jaminan keamanan senilai biaya sewa satu bulan.
• Sekolah Berasrama
Banyak sekolah menengah swasta menyediakan jasa akomodasi, termasuk makan dan cuci bagi siswa internasional. Biaya pendidikan tidak termasuk biaya asrama.
• Akomodasi Dalam Kampus

Sebagian besar universitas dan beberapa lembaga pendidikan kejuruan menawarkan berbagai jenis akomodasi di dalam atau di dekat kampus, seperti apartemen, sekolah tinggi residensial (residential college) atau asrama (halls of residence). Biayanya tergantung jenis akomodasinya.
Sekolah tinggi residensial atau residential colleges sedikit lebih mahal dan menyediakan akomodasi beserta makan. Juga mungkin memiliki fasilitas olah raga dan sosial, pembimbingan, perpustakaan, dan komputer.
Asrama atau halls of residence berlokasi di dalam atau di dekat kampus. Siswa biasanya mendapatkan makanan dan jasa kebersihan. Siswa harus mendaftar sejak dini karena permintaan akan kamar cukup tinggi.
Visa / Ijin Tinggal Pelajar

Mahasiwa yang bukan bukan warga negara Australia, tapi ingin memanfaatkan sistem pendidikan dan pelatihan dapat mengajukan  visa pelajar.
Visa diberikan oleh Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan (DIAC) Australia. DIAC hanya akan memberikan visa pelajar jika program studi yang dipilih telah terdaftar, atau merupakan bagian dari program studi yang terdaftar, secara full time. Program studi yang terdaftar adalah program studi yang ditawarkan oleh penyedia pendidikan Australia yang telah terdaftar oleh Pemerintah Australia untuk menawarkan studi kepada siswa asing. Daftar dapat dilihat  pada situs web Commonwealth Register of Courses and Institutions for Overseas Students (CRICOS) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Hanya kursus yang berjangka waktu kurang dari tiga bulan yang bisa diikuti dengan visa pengunjung atau visa liburan kerja. Jika rencana studi lebih dari tiga bulan, harus mengajukan aplikasi visa pelajar.
Keuntungan untuk studi dengan visa pelajar antara lain:
• Mendapat akses ke asuransi kesehatan siswa yang disubsidi di Australia;
• Diizinkan untuk studi lebih lama dari tiga bulan; dan
• Dapat mengajukan izin bekerja paruh waktu.
Visa pelajar dapat diajukan segera setelah mendapatkan surat penawaran (letter of offer) atau Konfirmasi Penerimaan (Confirmation of Enrolment/CoE) elektronik untuk program studi full time.  Disarankan untuk menunggu sampai kantor Pemerintah Australia setempat memberi tahu  untuk mendaftar atau mendapatkan CoE. Kantor Pemerintah Australia setempat juga dapat memberi informasi tentang cara mengajukan aplikasi, dan dokumen apa saja yang perlu  lampirkan untuk palikasi visa pelajar.
Untuk keterangan lebih lanjut tentang cara membuat aplikasi dan dokumen apa saja yang dipersyaratkan pemohon dapet mengubungi Kedutaan Besar Australia atau Perwakilan Kantor Australia setampat.
Umumnya, pemohon akan mendapatkan visa dengan hak masuk beberapa kali (multiple entry) untuk selama masa studi di Australia. Visa ini mengizinkan  pemegangnya untuk masuk dan keluar Australia selama dalam periode berlakunya visa. Untuk perpanjangan masa tinggal di Australia untuk studi lanjutan harus mengajukan kembali aplikasi visa. (Pusdiklat: diolah dari berbagai sumber;  studyinaustralia.gov.au; www.immi.gov.au)