Pohon

Aku ingat pernah membaca terjemahan alqur’an, yang menyatakan setiap pohon akan tumbuh dengan berbeda, walau pohonnya sama..

Dari sini aku belajar, bahwa setiap pohon tumbuh dengan caranya sendiri yang diizinkan tuhannya…

dan rasanya seperti itu juga dengan manusia, kita sama-sama manusia, dan tumbuh dengan kondisi kita masing-masing, dengan kemampuan dan pilihan jalan hidup masing, sesuai dengan yang ada dalam pikiran kita.

Layaknya kata pepatah, ‘Rambut boleh sama hitam, namun pemikiran berbeda-beda’ (hehe…rasa bait kedua ada yang kurang).

Setiap pohon memiliki cabang hampir disetiap sisinya…setiap sisi akan tumbuh dengan kondisi yang berbeda, tergantung nutrisi, arah sinar matahari, angin dan faktor lainnya, seperti halnya kita, kita akan tumbuh berbeda satu dengan yang lain karena tinggal di rumah masing-masing dan pengasuhan orang tuanya sendiri-sendiri.

Saat cabang yang rimbun dengan daun dan tumbuh kuat dan lebar…ia bisa menjadi lambang yang menunjukkan keluwesannya dan kebjiksanaannya…maka ia dilambangkan sebagai naungan…seperti pohon beringin yang dijadikan lambang pelindung.

Saat seseorang tumbuh dengan karakter yang bisa memberi manfaat untuk orang disekitarnya (senyum manis dan sapaan setiap bertemu, misalnya), ia sedang tumbuh menjadi orang yang bermanfaat dan dipercaya.

Lebih dari itu, ia sebenarnya telah tahu lingkungan yang memberikannya nutrisi. Sehingga ia berterima kasih atas angin, sinar matahari, unsur hara dan nutrisi lain yang Allah berikan untuk membantunya tumbuh.

Inilah yang membuatnya tau cara untuk bisa bermanfaat dan  dipercaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s